Modifikasi Rumah Container

Modifikasi Rumah Container atau bangunan dari contanier adalah modifikasi dari kontainer bekas cargo yang kreasikan dengan berbagai bentuk baru dan unik sesuai dengan keinginan sang seniman/arsitektur. Rumah container / home container banyak ditemukan di daerah wisata pegunungan seperti bogor, bandung dan malang.

Rumah Container / Kantor eks peti kemas | Cabin container

Kelebihan:

  1. Modelnya yang ringkas bisa mempermudah hunian Anda berpindah pindah lokasi
  2. Bentuknya unik dan tidak memerlukan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) karena termasuk bangunan temporary (sementara).
  3. Klien tidak perlu memikirkan instalasi listrik dan air karena semua sentral plug dan instalasi yang telah terpasang siap digunakan, mulai dari pendingin udara, lampu, toilet dan sebagainya.
  4. Harga yang lebih murah dibanding rumah dengan ukuran yang sama. Contoh ilustrasi untuk kontainer ukuran 6 meter luasnya adalah 6m x 2,5m = 15m2. Sementara itu membangun rumah di Jakarta secara borongan, akan memakan biaya setidaknya Rp3.500.000,- /m2 x 15m2 = Rp52.500.000,- (belum termasuk pendingin udara).
  5. Jika menggunakan kontainer hanya memerlukan biaya sampai dengan Rp55 juta dengan spesifikasi sama seperti bangunan rumah (sudah termasuk dengan pendingin udara).

Kekurangan:

  1. Pengiriman ke lokasi terbatas, minimal jalan bisa dilalui truk beroda 10, karena jalan-jalan di Jakarta cukup sempit. Jadi, tidak semua lokasi bisa diterapkan.
  2. Ukuran terbatas alias mengikuti ukuran aslinya, contoh jika klien minta tinggi bagunan 3 sampai 4 meter unit kontainer maka tidak bisa mengikuti size yang diiginkan. Meskipun bisa pasti akan memakan biaya sekitar dua sampai tiga kali lipat. Hal ini tidak disarankan karena pengiriman akan susah lantaran rintangan jembatan, lorong, kabel melintang saat pengiriman dan butuh pengawalan khusus.
  3. Apabila dibuat dengan sistem knockdown supaya bisa dibawa masuk ke lebar jalanan yang sempit, akan memakan biaya yang lebih besar.